Miscarriage – part 3

Hari keempat.

Tema hari ini adalah mengganti memori yang tidak memberdayakan.

Salah satu hal yang saya duga menjadi penyebab keguguran adalah kelelahan setelah bersepeda. Karena saat itu perdarahan muncul dan jadi banyak setelahnya.

Tapi sejujurnya hari itu saya tidak lelah. Dan saya juga tidak berlebihan dalam bersepeda. Jalur saya tidak jauh dan saya mengayuh perlahan.

Saya sempat trauma melihat sepeda. Tapi kemudian saya ingatkan lagi diri ini bahwa bersepeda atau tidak di hari itu, Allah memang sudah menetapkan tentang keguguran. Sepeda tidak salah.

Lagipula saya butuh olahraga. Bersepeda merupakan salah satu olahraga kesukaan saya. Maka saya memilih untuk mengganti memori tidak memberdayakan (bersepeda membuat saya keguguran) menjadi memori netral.

Awalnya memang tidak mudah. Ingatan tentang hari itu muncul beberapa kali selama bersepeda. Selama perjalanan, saya terus meyakinkan diri ini bahwa semua sudah jadi ketetapan Allah. Tak perlu menyalahkan diri ataupun menyesal.

Alhamdulillah atas izin Allah, saya bisa bersepeda lagi dengan bahagia. Saya pulang dengan kondisi segar dan tersenyum senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *