[bunsay] buku sahabat terbaikku hari 1

Masuk zona ke-3. Tema “Sahabat Terbaikku” ini mengajak kami untuk menjadikan anak sebagai sahabat terbaik. Kami diminta membuat proyek keluarga bersama sahabat yang nantinya akan mendapat bonus hasil melatih kecerdasan IQ, EQ, maupun SQ.

Kalau bicara proyek keluarga, ada satu hal yang tidak akan ditolak anak saya: membaca buku! Karena itu saya jadikan “Buku Sahabat Terbaikku” sebagai tema zona kali ini.

Rencana:

Membacakan buku yang berbeda setiap harinya dengan sungguh-sungguh sambil berdiskusi tentang isinya di akhir sesi membaca.

Aktual:

Semalam anak saya memilih buku “Bilang dulu, dong, Kuku!” untuk dibacakan. Ia mampu menyebutkan judulnya dengan baik dan benar saat meminta bacakan pada saya.

Buku pertama

Buku ini menceritakan tentang Kuku, si Kelinci yang suka meminjam barang milik orang lain tanpa izin. Suatu hari, kebiasaannya tersebut membuat temannya celaka.

Sambil membacakan, saya ajak ia mengamati ekspresi tiap tokoh di buku tersebut. Kami berdiskusi tentang apa yang dirasakan tokoh ini. Secara umum ia telah mampu menebak sebagian besar emosi yang digambarkan di buku tersebut.

Kendala:

Sebenarnya di akhir membaca saya masih banyak bahan diskusi. Tapi ia keburu terdistraksi hal lain.

Refleksi:

Hari ini ia belajar ekspresi marah, senang, dan merasa bersalah. Ia juga belajar bahwa siapapun yang salah harus minta maaf. Dan mereka yang memaafkan menjadi lebih senang wajahnya.

Ia juga belajar bahwa mengambil barang milik orang lain tanpa izin itu tidak baik dan bisa merugikan orang lain. Jika bertemu kondisi demikian, maka wajib bagi kita menegur dengan adab yang baik (amar ma’ruf nahi munkar).

% dan emoji:

99% 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *