[bunsay] melatih kemandirian hari 7

Salah satu kemandirian yang menurut saya perlu dilatih adalah kemandirian persiapan sebelum tidur. Ritual sebelum tidur ini penting dilakukan secara mandiri untuk kesehatannya juga.

Ada beberapa rutinitas yang harus dilakukan sebelum tidur. Cuci kaki dan tangan, gosok gigi, ganti baju tidur, menepuk kasur, baca buku, berdoa, dll.

Untuk persiapan tidur kali ini saya mengajak anak ke kamar mandi. Sikat gigi saya siapkan dan ia memulai gosok gigi sendiri. Kemudian ia menyiapkan sendiri botol minuman untuk diletakkan di kamar karena biasanya malam hari ia suka terbangun karena haus. Lalu kemudian kasur ditepuk-tepuk dan bantal guling dirapikan posisinya.

Berdoa sebelum tidur saya pancing dengan kata pertama, setelah itu ia lanjutkan sampai selesai. Inginnya langsung tidur, tapi menyodorkan sebuah buku dulu untuk dibacakan.

Setelah satu buku beres, lampu dimatikan. Beberapa kali ia belum bisa tidur dan bilang haus. Lalu ia buka sendiri botol minum yang sudah disiapkan dan meminumnya. Begitu terus sampai akhirnya ia lelap.

Alhamdulillah semua lancar. Mama dan anak semua senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *