[bunsay] menyepakati aturan

Dalam beberapa permainan, saya menerapkan aturan yang konsisten. Dan aturan itu harus dipatuhi agar permainannya tidak banned. Seperti misalnya main pasir kinetik.

Sebelum main pasir, karpet buku harus dibereskan. Setelah itu lantai disapu bersih. Baru pasir boleh dikeluarkan. Pasirnya tidak boleh tercecer di luar area main. Waktu main disepakati bersama sampai jam berapa. Setelah usai, pasir harus dibereskan lagi ke wadahnya. Semua mainan penyerta harus dibersihkan dan lantai disapu lagi. Yang main harus cuci tangan.

Hari ini alhamdulillah anak saya patuh pada aturan. Termasuk usulan kapan mengakhiri waktu bermain kami sepakati bersama. “Jarum panjang di 12 dan jarum pendek di 3 selesai ya.”

Tepat pukul 3 sore, ia membereskan pasirnya. Saya bantu merapikan mainan yang lain. Lalu ia ambil sapu dan saya yang menyapu. Semua diakhiri dengan cuci tangan bersama.

Pas sekali setelah itu terdengar azan. Ia mengajak sholat. Lalu ia segera ambil wudhu dan menyiapkan peralatan sholat.

Usai semuanya saya puji dia. Saya sampaikan bahwa saya bangga ia mau menaati aturan dan segera sholat ketika azan terdengar. Kini rumah rapi dan bersih lagi.

Evaluasi hari ini:

Memuji efektif sangat ampuh dalam memotivasi anak untuk tetap menaati aturan.

⭐⭐⭐⭐⭐

#harike9
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *