[bunsay] mengakhiri waktu bermain

Ini kisah semalam. Kami telah tiba di rumah Abah. Anak saya disambut oleh para sepupunya. Namanya anak kecil, momen kumpul gini biasanya dijadikan momen bermain dan bertukar mainan sementara. Masing-masing mengeluarkan mainannya, lalu bermain bersama.

Anak saya begitu antusias memainkan mainan yang dibawa sepupunya. Konflik muncul ketika ba’da isya, para sepupu membereskan mainan mereka dan masuk kamar lalu tidur. Anak saya masih ingin meminjam mainan mereka. Untungnya, salah satu dari sepupu mau meminjamkan mainannya pada anak saya.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu anggota keluarga tertidur. Saya yang sedang menemani anak saya bermain mulai mengantuk.

“Tidur yuk, nak,” ajak saya lembut.

“Nggak mau. Masih mau main,” ujarnya.

Saya tergoda ingin menanyakan sampai jam berapa, tapi pertanyaan itu abstrak dan tentunya anak saya belum paham tentang waktu. Jenis pertanyaan harus diganti.

“Nak, coba lihat di HP mama. Sekarang jam 8:20 (saya membacanya delapan-dua-nol). Nanti kalau sudah 8:30 kita bereskan mainannya lalu tidur ya.”

Ia melihat angka di HP saya. Untungnya dia sudah paham angka sehingga bisa dijelaskan demikian.

“Oke!” Ujarnya penuh semangat. Ia senang bisa dapat ekstra waktu untuk bermain.

Saya sendiri juga harus komitmen terhadap janji. Saya janji akan menemani bermain dengan semangat dan mengingatkannya saat sudah jamnya.

Mendekati pukul 8:30, malah anaknya sibuk mengecek. “Sudah jamnya?” Saya ajak mengamati pergantian jam dari 8:29 ke 8:30. Ketika berganti, tampak raut mukanya senang. “Sudah selesai mainnya!”

Kami membereskan mainan, meletakkannya lagi di tempatnya, lalu masuk kamar.

Evaluasi hari ini:

Jangan bicara abstrak pada anak. Apalagi tentang konsep yang ia belum paham. Gunakan konsep sesederhana mungkin untuk menego anak. Instruksinya pun harus jelas dan singkat agar tidak menumpuk informasinya.

Menemukan win-win solution itu penting. Tujuan saya ingin anak segera berakhir waktu mainnya. Tujuan anak saya ingin punya waktu main ekstra. Difasilitasi dengan diberikan waktu tambahan, tapi tidak terlalu lama.

⭐⭐⭐⭐⭐

#harike4
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *