[bunsay] makan salmon

Ada beberapa hal yang sering saya perdebatkan dengan anak. Yah, meskipun semuanya remeh sih, seperti soal mandi dan makan. Menurut teori, anak usia 3 tahun memang sedang rebel. Semuanya ingin diputuskan sendiri. Tak jarang apa yang saya tawarkan padanya akan ditolak dan apa yang tidak ditawarkan justru akan diterima. Jadi di momen komunikasi efektif ini, saya mau coba membujuk dan berdamai dengan perdebatan-perdebatan sepele tadi.

Pagi ini dia terbangun tanpa menangis. Ia lalu berbaring di karpet depan TV. Pas sekali saya baru selesai menyiapkan sarapan. Saya menawarkannya untuk makan.

“Pagi, sayang. Mama sudah masak. Hari ini masak salmon.”

“Salmon?”

“Iya, enak lho. Kamu pasti suka. Mau makan sekarang? Atau nanti setelah mandi?” Ini ceritanya mau coba cara menawarkan dua pilihan yang sama-sama mengarah pada satu tujuan, yaitu makan.

“Maunya main.”

“Mau makan sambil main?”

“Main aja. Nggak usah makan.”

Baiklah. Rupanya opsi menawarkan dua pilihan yang sama-sama mengarah pada satu tujuan belum berhasil. Besok harus dicoba cara lain. 😅

“Oke, main dulu gapapa. Belum mood makan ya?”

Saya diamkan dulu. Lalu dia menyahut, “Mau makan.”

“Ya udah yuk makan.” Tentunya ini pakai intonasi yang ramah ya.

“Main aja.”

Errr…

Setelah saya biarkan (sambil tentu saja muka ini masih menahan kesel tapi berusaha diramahin 😂) dia mendatangi saya minta makan. Kali ini tampaknya sungguhan. Biasanya sih memang kalau sudah lapar dia akan sukarela minta makan.

“Mama ambilkan makan ya.”

Dia mengangguk. Lalu melahap makanan yang telah saya siapkan.

Evaluasi hari ini:

Anak bangun tidur jangan langsung ditawarkan makan. Hehe. Jadi nggak mood kan dia waktu diajak makan dan malah memilih opsi lain.

Lalu untuk opsi yang ditawarkan harus ada yang appealing untuk dia. Ini tadi menawarkan makan dan mandi, dua hal yang dia nggak mau dipaksa. Makanya muncul opsi “main” dari dia sebagai gantinya.

Sesuai teori negosiasi ala pak suami, kalau mau menawarkan sesuatu, ajukan pilihan yang sulit dulu. Ketika ia merasa hal tersebut sulit, baru tawarkan pilihan yang lebih mudah (dan memang itu kita harapkan dia untuk memilih).

⭐⭐

#harike1
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *