[bunsay] belajar diving

Setelah bosan bermain di sekitar pantai, saya mendapat tawaran untuk menyelam sambil melihat keindahan di dalam sana. Tugas kami cukup mudah: mencari keindahan jauh di dalam sana.

Seperti apakah yang saya lihat di dalam sana?

Saya melihat jiwa yang penuh keingintahuan akan banyak hal. Semangat belajarnya membuncah. Ia seperti tak pernah puas dan kenyang akan ilmu yang telah ia terima. Ia ingin lagi dan lagi.

Ia akhirnya bergabung dengan IIP.

Pada awalnya ia hanya penasaran. Ia tergerak mencari makna dari “profesional” yang disematkan setelah kata “ibu”. Saat itu ia masih seorang ibu baru yang kebingungan mencari support system. Ia menjalani pengalaman pertamanya menjadi ibu baru di perantauan, tak banyak yang ia kenal, tak banyak yang ia tahu tentang menjadi ibu, apalagi ibu yang profesional.

Saat itu ia menghadapi dilemma. Di satu sisi ia ingin optimal mengasuh anaknya. Di sisi lain, ada tuntutan untuk tidak “menyia-nyiakan” gelar yang ia peroleh dengan susah payah selama 6 tahun. Ia sempat terjebak dari perdebatan tak berujung…

…hingga ia berkenalan dengan core value dari IIP. Bahwa belajar – berkembang – berkarya – berbagi – berdampak sesuai dengan apa yang ia harapkan selama ini. Bahwa menjadi ibu bisa dalam bentuk apa saja, selama kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan peran tersebut.

Kemudian ia belajar bahwa ridho Allah adalah segalanya. Setelah menyelam di IIP, ia tak lagi memusingkan perdebatan tak berujung lagi. Baginya, menjadi ibu adalah amanah. Begitu pula gelar yang ia miliki. Ia belajar bahwa ada yang namanya skala prioritas. Ia belajar bahwa kondisi tiap orang berbeda. Tak bisa ia bandingkan kondisinya, tantangannya, skala prioritasnya, kebutuhannya dengan orang lain.

Di IIP, ia belajar bertumbuh. Ia belajar memahami. Ia belajar untuk menemukan makna profesionalnya sendiri serta menghormati makna profesional orang lain.

Kini, ia memperjuangkan makna profesionalnya tersebut. Tuntas amanah dan meraih ridho Allah adalah yang utama. Ia berusaha untuk konsisten dan berkomitmen untuk terus bersungguh-sungguh atas tiap peran yang Allah titipkan padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *