Resolusi 2020

Memasuki tahun 2020, saya diuji dengan kabar kurang menyenangkan dari keluarga.

Papa yang memang baru beberapa pekan ini rutin hemodialisis (HD) dan masih beradaptasi dengan kondisinya malah memburuk dan harus dirawat di ruang intensif. Spontan saya batalkan semua agenda tidak penting hari itu–termasuk tiket pulang yang seharusnya masih beberapa hari lagi–dan menggantinya dengan tiket pulang malam itu juga. Selebihnya seperti mimpi. Tiba-tiba semua barang telah dikemas, berbarengan dengan saya memasak untuk anak dan suami sekaligus memesankan makanan untuk mama yang sedang menjaga papa.

Beberapa hal yang saya syukuri adalah kerjasama yang baik dari pihak RS. Kebetulan tempat papa dirawat adalah RS tempat kerja saya 3 tahun lamanya sebelum akhirnya resign dan menikah. Banyak karyawan yang masih mengenal saya dan membantu melaporkan kondisi papa secara berkala. Hari kedua dirawat di ruang intensif, papa sudah jauh lebih baik dari hari sebelumnya.

Memiliki orangtua yang sakit kronis–tidak hanya papa, tapi juga mamah mertua–membuat saya dan suami komitmen menerapkan satu resolusi utama kami: menjadi lebih sehat. Resolusi abstrak ini kami breakdown menjadi sesuai yang spesifik, terukur, dan dapat dicapai, yaitu hanya memesan air mineral saat makan di luar.

Iya, sesederhana itu. Kami sadar resolusi yang terlalu banyak hanya akan membuat kami jenuh dan malah ingin melanggarnya. Karena itu kami sederhanakan. Masa resolusi cuma satu aja nggak bisa menjalankan?

Harapan kami, dengan mengganti minuman menjadi air mineral saja, kami mengurangi asupan gula dan bahan-bahan yang tidak terlalu penting bagi tubuh. Selain itu, tidak memesan minuman aneh-aneh akan memangkas pengeluaran yang tidak perlu sekaligus memangkas waktu berpikir saat akan memesan minuman. Akan lebih baik lagi kalau kami bisa komitmen membawa bekal minum sendiri sehingga bisa sekaligus mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai.

Jadi, apa resolusimu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *