[Ulasan buku] Persembahan Teruntuk Bapak

Judul buku: Persembahan Teruntuk Bapak
Pengarang: Adi Zamzam
Penerbit: Diva Press
Jumlah halaman: 184 halaman
Harga: < 50k

“Kau mungkin tidak tahu, Tuhan itu punya banyak cara untuk membawa seseorang kepasa impian yang diinginkannya. Bisa jadi, segala kesusahan yang dilaluinya di depan, adalah cara-Nya untuk mematangkan prosesnya menjadi.”

Perjuangan menggapai mimpi. Itulah tema utama yang diusung dalam novel ini. Mengisahkan tentang si tokoh utama, Arya Sena, anak ketiga dan lelaki tertua dari 5 bersaudara. Menyaksikan langsung karir cemerlang bapaknya yang seorang dalang hancur. Ia juga merasakan beratnya turut menafkahi keluarga di usianya yang masih muda. Semua itu membuat Arya meragukan cita-citanya menjadi dalang. Ia takut pilihannya salah dan akan berakhir seperti bapaknya.

Di sisi lain, Bambang, sahabatnya yang keturunan Arab, memiliki obsesi terhadap wayang dan dalang. Motivasi awalnya adalah ingin membungkam mereka yang kerap kali mengejeknya sebagai turis Arab. Ia ingin membuktikan bahwa dirinya orang Jawa seperti yang lain. Dari situ ia memberanikan diri untuk rutin berkunjung ke rumah Arya untuk berguru langsung tentang wayang dan dalang ke bapaknya Arya. Saya pakai istilah “memberanikan diri”, karena memang bapaknya Arya ini sikapnya sangat jauh dari kata ramah.

Saya suka dengan latar belakang ceritanya yang kuat serta konflik demi konflik yang diramu dengan baik. Bapak yang pemarah, mak yang pasrah, Mbak Ratri yang terpaksa menjadi biduan, Mbak Wigati yang kemudian memilih jadi TKW, dan karakter tokoh-tokoh pendukung lainnya dijelaskan dengan baik oleh si penulis.

Hal menarik lainnya adalah penjelasan tentang tokoh-tokoh wayang serta filosofi tiap karakternya yang diramu secara apik sehingga menyatu dengan ceritanya. Membuka wawasan saya bahwa kisah pewayangan tidak sesederhana itu.

Sayangnya ada sedikit kebingungan dalam menentukan lini masa. Seperti di akhir cerita agak sulit menerka sudah seberapa jauh cerita ini berjalan.

Secara umum saya puas dengan kisah di novel ini. Gaya berceritanya mengingatkan saya pada buku sastra yang biasanya menjadi koleksi perpustakaan sekolah. Mengobati rindu saya akan kisah tentang keluarga dan perjuangan.

📚Nilai:
⭐⭐⭐⭐

One Reply to “[Ulasan buku] Persembahan Teruntuk Bapak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *