[Ulasan buku] Senyaring Tawa Ananda

Judul buku: Senyaring Tawa Ananda
Pengarang: Yeti Widiati
Penerbit: Paradigma Publishing House
Jumlah halaman: 322 halaman
Harga: < 100k

Bagi anak, pengakuan orangtua terhadap diri dan pencapaiannya adalah sesuatu yang berarti, karena orangtua adalah “segalanya” bagi anak. Oleh karena itu, sebetulnya secara ilmiah, di satu sisi anak berusaha membuat orangtua senang, dan di sisi lain memiliki harapan agar orangtua menerimanya apa adanya.

Ibarat makanan, buku ini mungkin setara dengan makanan yang tidak hanya enak tapi juga sehat untuk tubuh. Ditulis oleh seorang psikolog, semua yang diperlukan dalam mengelola emoi ada di sini. Dan isinya tidak hanya untuk mengelola emosi buah hati saja, tapi juga bisa dijadikan evaluasi diri orangtua terutama saya.

Harus saya akui beberapa pengalaman masa lalu cukup membekas dalam ingatan saya dan membentuk karakter serta kondisi emosi saya yang sekarang. Mungkin memang penyebabnya adalah orangtua serta orang-orang terdekat saya di masa itu. Tapi tentunya itu tidak boleh terus-menerus membayangi saya, apalagi sampai terus menyalahkan kondisi.

Tidak mudah menerima begitu saja tanpa mencoba menyalahkan. Kali ini saya mencoba untuk fokus pada masa depan. Saya hanya berharap kesalahan-kesalahan masa lampau itu tidak saya ulangi kepada anak saya. Karena itu, menemukan buku ini seolah menjawab semua kekhawatiran tersebut.

Masih belum terlambat dalam melatih kecerdasan emosi diri sendiri dan anak. Mungkin buku ini harus dibuka lagi nanti ketika memasuki tahapan pengasuhan yang baru. Yang jelas, buku ini sangat wajib ada di setiap keluarga, apapun kondisi di dalamnya.

📚Nilai:
⭐⭐⭐⭐⭐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *