Mengurus perpanjangan SIM

Memasuki bulan Februari berarti sudah waktunya mengecek kembali masa kedaluwarsa semua dokumen pemerintah. Kebetulan suami dan saya lahir di bulan yang sama sehingga saat suami panik dokumennya hampir kedaluwarsa, maka saya punya waktu sekitar 12 hari untuk bersiap.

Tahun ini giliran SIM A suami dan SIM C saya yang akan habis masanya. Dari hasil mencari informasi di media sosial, kami menemukan informasi tentang pelayanan SIM keliling. Cukup dengan menelusuri hashtagnya, saya sudah dapat informasi jadwal mobil SIM keliling ini mangkal. Hal ini yang membuat saya suka Bandung. Semua informasi pemerintahan mudah didapat di internet dan media sosial.

Berdasar akun Instagram @simrestabesbdg1, ada 2 lokasi mobil SIM keliling pada tanggal 22 Februari, yaitu di Ujung Berung dan Antapani. Keduanya lumayan dekat dengan rumah dan kami memilih yang terdekat dulu yaitu Antapani.

Berdasar pengalaman saat suami mengurus SIMnya lalu, mobil SIM keliling cenderung suka batal kalau lokasinya di mall. Benar dugaan saya. Ternyata yang di Lucky Square Antapani batal dan tidak ada pemberitahuan pindah ke mana sehingga kami segera ke Ujung Berung.

Berikut alur pengurusan SIM di SIM keliling:

1. Daftar tes kesehatan di petugas yang sudah bersiap di lokasi. Cara daftarnya dengan menumpuk SIM lalu nanti dipanggil. Tesnya berupa anamnesis singkat, tes visus, tes buta warna, pemeriksaan tekanan darah. Nantinya akan mendapat surat keterangan sehat yang dijadikan satu bendel dengan SIM lama kita dan fotokopi KTP (ini kita harus siapin sendiri, kebetulan di lokasi juga ada tukang fotokopi keliling). Biayanya 40rb dibayarkan ke petugas kesehatan.

2. Serahkan bendel kesehatan tadi ke petugas di mobil lalu tunggu untuk dipanggil antre foto. Saat foto sekalian pengambilan sidik jari dan tanda tangan.

3. Setelah itu bayar 125rb untuk SIM C dan 150rb untuk SIM A. Kemudian akan mendapat satu bendel formulir untuk diisi, berupa informasi data diri serta pendaftaran asuransi. Setelah usai mengisi, serahkan kembali formulir ke petugas.

4. Tunggu sampai dipanggil lagi untuk mengambil SIM. Selesai. SIM baru sudah di tangan.

Oh ya, saya yang awalnya SIM Jatim mendapat perlakuan sama dengan yang lain. Yang penting alamat di KTP saya sudah alamat Jabar.

Proses pendaftaran dimulai pukul 9 pagi sampai pukul 12 siang. Sedangkan mobil akan berjaga sampai seluruh dokumen beres. Saat saya mengurus, sekitar pukul 12.30 sudah selesai semua. Tapi saat suami mengurus agak lama, bisa sampai pukul 13.30 baru beres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *