[Ulasan Buku] Keluarga Penjelajah

Judul buku: Keluarga Penjelajah
Pengarang: Fajar Widyastuti
Penerbit: Mandiri Jaya
Jumlah halaman: 130 halaman
Harga: < 75k

“…Menikmati angin pantai, pasir putih di kaki, dengan pemandangan matahari terbenam, dan lembayung jingga di langit bersama orang-orang yang saya cintai, semua terasa sempurna.”

Keluarga Penjelajah adalah karya dari anggota WAG Penulis 30DEM Buku Solo. Buku ini berkisah tentang perjalanan sebuah keluarga yang suka jalan-jalan bersama anaknya yang kala itu masih balita dan bahkan pernah juga saat masih bayi < 1 tahun. Tujuan perjalanannya pun nggak tanggung: naik gunung masuk hutan!

Melihat tujuan wisatanya, tampaknya fokus mereka adalah wisata alam dan wisata hemat/backpacker. Salut juga karena membawa anak untuk wisata alam dan backpacker menurut saya sangat banyak tantangannya. Selain mengisahkan perjalanannya, penulis juga memberikan tips perjalanan di akhir cerita. Oh ya, dari buku ini saya jadi tahu ada komunitas kemah keluarga. Boleh tuh buat jadi referensi berkemah rame-rame. 😆

Salah satu yang saya suka adalah tentang perjalanan ke Papandayan. Sudah lama suami memberikan wacana ingin mengajak saya dan anak-anak nanti untuk main ke gunung. Tadinya kami mau gunung pertama keluarga kami (dan anak kami) adalah Papandayan, namun ternyata malah Bromo duluan. Membaca cerita Papandayan, saya jadi berpikir ulang untuk mengajak anak saya ke sana. Mungkin ditunggu sampai agak besar ya, agar bisa lebih aman dan kuat.

Sayangnya, di buku ini penulis kurang menjabarkan tentang hal-hal yang ia lihat. Kalau dalam istilah menulis, terlalu banyak “tell” dan kurang “show“. Namun buku ini masih tetap enak dinikmati terutama bagi mereka yang rindu bertualang bawa anak.

📚Nilai:
⭐⭐⭐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *