[Ulasan Buku] Puing

Judul buku: Puing
Pengarang: Fitri Hidayati
Penerbit: Mandiri Jaya
Jumlah halaman: 88 halaman
Harga: < 75k

“…, kami terkejut melihat kondisi jalan yang ternyata menjadi bergelombang. Tanah bagai diangkat setinggi setengah meter…”

Puing merupakan karya dari anggota WAG Penulis 30DEM Buku Solo. Novel ini mengisahkan bencana Palu Donggala yang terjadi pada bulan September 2018 silam. Kabarnya, penulis mewawancara langsung korban yang selamat dari bencana tersebut.

Genre novel sejarah bukan hal baru. Di luar sana saya beberapa kali menemukan novel dengan latar belakang peristiwa bersejarah. Sebut saja Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye yang juga mengisahkan bencana alam yang terjadi di negeri ini. Kehadiran novel macam ini menjadi alternatif mengajarkan sejarah melalui fiksi. Buat saya, novel sejarah lebih mampu dicerna dan diingat isinya ketimbang sekedar membaca materi pelajaran di sekolah.

Selama beberapa bab awal saya banyak dibuat istighfar. Membayangkan kalau kejadian tersebut seandainya terjadi di depan saya. Ikut merasakan suasana mencekam di dalamnya serta duka para korban yang ditinggal keluarga dan kerabat. Semuanya digambarkan begitu detail sampai saya merinding sendiri bacanya. Setelah usai baca novel ini saya makin bersemangat menyiapkan tas siaga bencana.

Tak hanya membahas kejadian bencana dan pasca bencana, Puing juga membahas romansa antara si korban dengan salah satu relawan yang bertugas. Tapi, menurut saya pribadi, romansa ini terkesan dipaksakan keberadaannya dalam cerita ini. Sebenarnya jika ingin menambahkan kisah lain, bisa ditambahkan perjuangan si korban dalam melawan trauma. Tidak perlu memaksakan adanya romansa yang malah terkesan canggung. Tapi, sekali lagi itu hanya pendapat saya. 😁

Novel ini saya rekomendasikan untuk semua orang agar dapat menjadi pengingat untuk senantiasa bersiap atas segala kemungkinan bencana yang bisa terjadi pada kita semua. Juga pengingat bahwa kita semua nggak ada apa-apanya. Kalau Allah sudah berkehendak, tanah pun bisa dihancurkan dalam sekejap mata.

📚Nilai:
⭐⭐⭐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *