[Ulasan Buku] Awe-Inspiring Us

Judul buku: Awe-Inspiring Us
Pengarang: Dewi Nur Aisyah
Penerbit: Ikon Serambi
Jumlah halaman: 370 halaman
Harga: <100k

Saya mengenal Mbak Dewi sebagai mamanya Najwa, seorang anak yang cerdas, penuh semangat, dan Masya Allah sholihah. Melihat sosok anak “idaman” seperti itu, tentu saya bertanya-tanya seperti apakah orang tuanya, terutama ibunya? Dari situ saya tertarik memesan buku ini untuk mengenal Mbak Dewi lebih lanjut.

Buku ini bisa dibilang buku parenting islami versi Mbak Dewi, meskipun isinya tidak hanya untuk yang sudah menikah, namun juga untuk yang sedang menanti jodoh.

Dalam buku setebal 370 halaman ini, Mbak Dewi menjelaskan secara runut sejak masa penantian mencari jodoh sampai menjadi orang tua yang sedang menjalani studi di luar negeri. Semuanya dijabarkan berdasar pengalaman pribadi Mbak Dewi ditambah keilmuan agama yang terkait.

Menariknya, pada judul buku terdapat kata “Us” yang berarti kita, dimaksudkan bahwa isi buku ini sebagian juga dibumbui sudut pandang dari suami Mbak Dewi, sehingga buku ini mampu dinikmati semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan.

Bagi saya yang memang follower Mbak Dewi di medsosnya, sebagian cerita yang ia paparkan sudah pernah saya baca melalui tulisan-tulisan singkatnya di medsos. Namun itu tidak mengurangi keasyikan dalam mengikuti kisah perjalanan keluarga Mbak Dewi.

Yang saya suka dari buku ini adalah gaya bahasanya yang ringan dan tidak terkesan meninggi. Padahal Mbak Dewi adalah seorang PhD mama dengan segudang prestasinya di level internasional. Cerita-ceritanya menyadarkan saya bahwa tidak ada salahnya mengejar ilmu setinggi-tingginya jika memang mampu memberikan kebermanfaatan seluas-luasnya kepada masyarakat. Masya Allah..

Oh ya, melalui buku ini juga saya jadi tahu tentang sistem kesehatan di Inggris sana. Biaya kesehatan yang murah dengan fasilitas oke dan pelayanan yang standar tanpa ada perbedaan kelas menarik perhatian saya. Bahkan keberadaan antenatal care yang begitu peduli terhadap kesehatan ibu dan anak sejak awal kehamilan sampai setelah melahirkan patut dijadikan contoh. Setiap ibu di sana akan didampingi satu bidan yang akan mendampingi seluruh proses bahkan sampai setelah anak lahir juga ikut dipastikan kondisinya tetap baik. Semua itu dilakukan untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

Selain itu, Mbak Dewi juga memaparkan opininya tentang vaksin yang memang cukup kontroversial belakangan ini. Pemaparannya begitu cerdas dari sudut pandang seorang epidemiologis dan begitu santun serta tidak memaksakan opininya. Sungguh mencerminkan seorang muslimah yang baik.

Buku ini layak dibaca semua kalangan, baik laki-laki ataupun perempuan, terutama bagi para PhD mama atau para suami yang memiliki PhD istri. Semua yang ditulis di buku ini dapat menginspirasi pembaca agar tetap berjuang dengan tetap di jalan-Nya.

📚Nilai:
⭐⭐⭐⭐

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *