Mencari Masalah

Kemarin dalam perjalanan balik ke rumah di bawah teriknya matahari siang, saya dan suami sedang ngobrol santai di dalam mobil. Entah dari mana awalnya, yang jelas obrolan berlanjut pada pertanyaan apakah Victoria’s Secret itu miliknya Victoria Bechkam?

Tentu saja jawabnya bukan. 😁

Tapi tidak berhenti di situ, kami lanjut mencari tahu siapa orang dibalik VS. Rupanya dia adalah seorang pria!

Diambil dari Wikipedia, si penemu VS ini bikin VS gara-gara malu pas belanja pakaian dalam buat istrinya. Katanya model pakaian dalam saat itu norak semua. Dan dia sebagai pria malu saat disuruh beli yang seperti itu.

Singkat cerita, dia lalu riset selama 8 tahun tentang pakaian dalam. Setelah itu dia pinjam duit ke orang tuanya dan ke bank untuk mendirikan VS. Targetnya agar para pria tidak malu saat membelanjakan pakaian dalam untuk istrinya. Dalam setahun, keuntungan yang dia dapat bisa untuk buka cabang baru di tempat lain.

Setelah beberapa tahun, kepemilikan VS dialihkan ke orang lain. Kemudian pemilik baru mengubah target pasarnya ke perempuan. Jadi yang tadinya biar para cowok bisa beliin pakaian dalam dengan nyaman, kali ini biar para cewek beli langsung.

Diskusi kami berlanjut. Apa yang dilakukan si penemu VS ini sesimpel ingin menyelesaikan masalah pribadinya. Tapi siapa sangka masalah pribadi dia, setelah dilakukan riset selama 8 tahun, rupanya ada pasarnya dan merupakan masalah banyak orang juga. Jadilah ia mengelola bisnis baru dan mengubah konsep pakaian dalam perempuan di masa itu sampai sekarang.

Hidup itu banyak masalah. Bener. Dan biasanya orang yang sukses adalah yang mampu mencari masalah tersebut. Iya, yang penting sense dalam mencari masalah itu yang perlu dikembangkan. Setelah menemukan masalah, baru lakukan riset yang mendalam, termasuk mencari solusi dari masalah itu. Karenanya, setiap solusi dari permasalahan yang dasar pasti akan long last. Kalau di Indonesia, mungkin kayak gojek ya.

Jadi, apa masalahmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *