[Bengkel Diri] Basic Photography & Editing

BASIC FOTOGRAFI DAN EDITING

By Ariana Octavia

CAHAYA
Faktor utama foto adalah cahaya. Untuk foto dengan HP gunakan cahaya matahari, agar warna obyek sama dengan aslinya. Karena untuk foto produk lebih baik kalau warnanya sama dengan asli. Amannya pakai cahaya samping, yaitu foto dari depan dengan cahaya matahari dari samping obyek.

Foto dengan lampu di ruangan malah bikin bayangan, apalagi kalau lampu kuning akan mengubah warna. Kalau di rumah, kita bisa foto di teras atau di samping jendela besar.

REFLEKTOR

Reflektor berguna untuk memantulkan cahaya agar cahayanya merata pada obyek dan area yang tidak kena cahaya tidak gelap. Bisa pakai cermin, aluminium foil, loyang yang bersih, tutup kaca mobil, apapun yang memantulkan cahaya.
Kurang cahaya akan jelek saat pengeditan, bisa muncul banyak noise.

DIFUSER

Difuser berfungsi untuk meredam cahaya agar tidak terlalu terang.

ZOOMING

Jangan pernah zoom foto, karena resolusi akan turun dan fotonya pecah. Lensa HP cenderung wide, kalau terlalu dekat akan distorsi lensa. Gambar terlihat miring atau lebih besar.
Kalau foto pakai HP harus agak mundur, nanti fotonya dicrop.

KOMPOSISI

Saat mengambil foto harus punya konsep. Jangan segala macam dimasukkan frame. Obyek yang ada di frame semua mendukung obyek utama. Harus bertema agar tahu properti pendukung apa saja.

ANGLE
1. Bird eye view. Ambil dari atas. Angle paling gampang kalau foto pakai HP. Hindari obyek yang tinggi agar tidak distorsi. Kalau produk kecil jangan pakai BEV karena orang akan salah fokus. Bisa untuk makanan dan benda besar.

2. Eye level. Untuk produk kemasan botol, baju yang sedang dipakai. Background harus diperhatikan. Jangan terlalu rame karena mengaburkan fokus. Alas foto bisa diperlukan. Fotonya agak mundur agar tidak distorsi.

3. Angle 45 derajat. Paling cocok untuk foto makanan. Biasa dihindari foto HP karena cenderung distorsi. Cocok untuk yang obyeknya kecil2.

Teori rule of third
Orang saat melihat foto akan fokus ke salah satu titik, bukan di tengah.

Komposisi segitiga: 1 obyek utama, 2 obyek pendamping.
Diletakkan seolah ada 2 garis segitiga yang menghubungkan 3 obyek.

BLUR

Pegang HP sestabil mungkin. Jangan sampai blur. Pegang dua tangan. Kalau masih goyang bisa pakai tripod khusus HP.

EDITING

Pakai snapseed. Satu aplikasi saja. Aplikasi editing biasanya menurunkan size dan resolusi foto.

Yang digunakan:

Tune image: edit pencahayaan dll
Selective: edit per bagian
Healing: menghilangkan noda2 kecil
Double exposure: bisa memasukkan logo

Setiap edit brightness, harus edit contrast juga. Contrast selalu edit naik. Kalau turun jadi fade fotonya. Naikkan 30% dari editing brightness.

RULE FOTO PRODUK

Foto produk: foto wajib jelas. Nggak blur, gelap. Rapi. Kelihatan jelas produknya apa.
Jangan sampai obyek pendukung warnanya lebih dominan dari obyek utama.

FOTO INDOOR

Kalau mau lampu biasa, pakai lampu belajar aja. Lampu kamar matikan. 18 watt warna putih. Cahaya tetap dari samping. Cup lampu kasih tissu 1-2 lembar atau pakai kertas kalkir. Seberang lampu kasih reflektor, atau kalau kurang ngangkat bisa pakai lampu 1 lagi 5 watt aja cukup dengan tetap diberi tissu juga.

Sumber: materi Bengkel Diri level 1 oleh ibu Ariana Octavia

[BengkelDiri5_level1_thaif]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *